English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 05 Agustus 2010

Meningkatkan Motivasi Kerja

Meningkatkan Motivasi Kerja. Pekerjaan ideal yaitu pekerjaan yang membuat kita termotivasi, terinspirasi, dihormati, dan mendapat gaji yang baik. Namun, bisa saja yang didapat adalah kenyataan yang berbeda dari harapan. Hal itu bisa menimbulkan ketidakpuasan atau menurunnya motivasi kerja.

Rasa tidak puas terhadap pekerjaan bisa disebabkan beberapa hal, antara lain penghasilan tidak sebanding dengan tanggung jawab, tidak mendapat kesempatan promosi, dan takut kehilangan pekerjaan karena pengurangan tenaga kerja. Jika Anda merasakan itu, coba luangkan sedikit waktu untuk memikirkan apa yang memotivasi dan menginspirasi Anda. Lalu pilih beberapa strategi agar dapat melewati hari-hari kerja Anda. Refleksikan pendekatan dalam bekerja.

Berikut ada tiga pendekatan kerja. Meski ketiganya sama penting, namun salah satunya merupakan prioritas.

Pertama, perkerjaan sebagai tugas. Perhatian utama lebih kepada penghargaan finansial. Pada kenyataannya Anda kurang menyukai pek6rjaan yang digeluti. Bagi Anda yang penting adalah penghasilan yang diperoleh.

Kedua, sebagai karir, maka Anda tertarik pada promosi. Anda tertarik meraih jenjang tertinggi di perusahaan atau menjadi orang yang berhasil secara profesional. Anda termotivasi oleh status, harga diri, dan kekuasaan.

Ketiga, sebagai panggilan hati, perhatian Anda terletak pada pekerjaan itu sendiri. Anda bekerja lebih pada kepuasaan dari pekerjaan yang Anda geluti.

Ketiga perspektif itu amat mempengaruhi semangat di tempat kerja. Dengan menyadari pendekatan terhadap pekerjaan, refleksikan mengapa Anda bekerja. Bila Anda tidak puas dengan pekerjaan, Anda bisa berpikir pindah ke pekerjaan lain. Namun ingatkah, apa yang menyebabkan Anda bersedia melakukan pekerjaan yang sekarang digeluti.

Langkah awal meningkatkan motivasi adalah bersyukur. Hal ini membantu Anda memusatkan perhatian pada sisi positif dari pekerjaan. Temukan satu hal penting setiap hari yang membuat Anda bersyukur, lalu bayangkan Anda melakukan pekerjaan yang diimpikan dan melihat diri Anda sebagai pemimpin yang luar biasa.

Lalu kembangkan rencana-rencana, mulai dari pekerjaaan yang disukai untuk meningkatkan kepercayaan diri. Berpikirlah positif. Tempatkan segala sesuatu di dalam perspektif. Ingat, setiap orang yang bekerja pasti menghadapi hari-hari baik dan hari-hari buruk.

By klikkarir.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar